Kamis, 19 Oktober 2017

Ciri Sipilis Pada Wanita Yang Mudah Di Ketahui

Jika anda belum tahu tentang apa itu sipilis silahkan baca dulu artikel berikut ini Tentang Penyakit Sipilis

Tanda dan gejala


Pada sifilis primer, biasanya ada satu luka (chancre) walaupun bisa ada beberapa chancres. Luka bulat kecil ini tidak menimbulkan rasa sakit dan timbul di tempat bakteri masuk. Ini berlangsung sampai 6 minggu sebelum menyelesaikan secara spontan.

Ciri Sipilis Pada Wanita Yang Mudah Di Ketahui


Di tahap sekunder, ada ruam kulit yang tidak gatal. Seringkali, tapi tidak selalu, muncul saat chancre menghilang. Ruamnya merah sampai bercak coklat kemerahan di telapak tangan dan telapak kaki telapak kaki. Hal ini juga dapat terjadi di tempat lain, terutama batang tubuh dan anggota badan tapi ruam di telapak tangan dan telapak kaki mengikuti chancre adalah indikasi sipilis yang baik.

 Pada titik ini gejala lain juga hadir termasuk demam, kelenjar getah bening bengkak dan kelelahan. Beberapa pasien mungkin juga mengalami sakit tenggorokan, bercak rambut rontok, sakit otot dan sakit kepala. Terkadang gejala tahap sekunder diatasi hanya untuk mengembalikan beberapa saat kemudian. Akhirnya, bagaimanapun, penyakit ini akan berlanjut ke tahap laten jika tidak diobati. Hal ini dapat terjadi dalam 3 sampai 4 bulan timbulnya gejala sekunder.

Tahap laten berikut bila gejala tahap primer dan sekunder hilang. Hal ini disebut laten karena tidak ada tanda dan gejala selama periode ini namun infeksi masih ada. Dalam 2 tahun pertama, periode yang dikenal sebagai latensi awal, seseorang masih bisa menularkan sifilis ke pasangan saat melakukan hubungan seksual.

Namun, pada akhir latensi, orang tersebut tidak menular secara seksual. Wanita dengan sifilis masih dapat menularkan infeksi pada anak yang belum lahir mereka sampai beberapa tahun setelah terinfeksi. Tahap akhir tidak terjadi pada setiap orang dengan sifilis. Sebenarnya hanya timbul pada sebagian kecil pasien sipilis yang tidak diobati. Bila memang terjadi, bagaimanapun, sangat parah dan terkadang bahkan fatal. Banyak organ dan sistem yang berbeda dalam tubuh terpengaruh dan beberapa gejala mungkin termasuk kebutaan, kelemahan otot atau kelumpuhan, mati rasa dan kesulitan dalam mengkoordinasikan gerakan otot.

 Tes dan Pengobatan Sipilis


Riwayat medis menyeluruh dan temuan dari pemeriksaan klinis dapat meminta perlunya tes lebih lanjut untuk mengkonfirmasi sifilis. Darah, cairan serebrospinal (tusukan lumbal) dan cairan dari luka bisa digunakan untuk menegakkan diagnosis. Pasien sifilis juga harus diuji HIV sebagai hubungan seks tanpa kondom, perilaku seksual berisiko dan / atau paparan luka juga merupakan faktor risiko HIV. Pengobatan sifilis cepat, murah dan sangat efektif.

Hal itu bisa disembuhkan meski mungkin seseorang harus diinfeksi ulang pada tahap selanjutnya. Hanya satu dosis penisilin saja yang cukup dalam banyak kasus, walaupun dosis tambahan mungkin diperlukan bagi pasien yang mengalami infeksi dalam waktu lama. Seseorang yang sensitif terhadap penisilin terlebih dahulu harus mengalami desensitisasi dan kemudian penisilin diberikan.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar